Berita

Perbedaan Gaya Jokowi Saat Bertemu dengan Presiden Ukraina dan Rusia

Jumat, 01 Juli 2022 - 06:12
Perbedaan Gaya Jokowi Saat Bertemu dengan Presiden Ukraina dan Rusia Beda gaya Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan juga Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (FOTO: Setkab RI)

TIMES MADURA, JAKARTA – Selang hanya dua hari, Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan juga Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Bersua dengan dua pimpinan negara yang sedang berseteru tersebut itu, gaya presiden Indonesia ke-7 tersebut pun cukup berbeda. Misalanya, saat bersua dengan Putin di Istana Kremlin, Presiden Jokowi terlihat berpakaian cukup resmi. Ia menggunakan jas hitam, celana hitam dan juga sepatu pantofel.

Berbeda saat ia bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, yang terlihat cukup santai. Yakni menggunakan baju putih, celana hitam dan juga sepatu kets layaknya saat ia gunakan di Indonesia.

Jokowi-46.jpg

Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.  (FOTO: Setkab RI)

Diberitakan TIMES sebelumnya, hasil pertemuan dengan Presiden Putin tersebut, dalam sambutannya ia menyampaikan, kunjungan pihaknya ke Ukraina dan Rusia adalah salah satu wujud dari konstitusi Indonesia yang mengamanatkan agar selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia," katanya dalam keterangan persnya.

"Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan ke Moskow,” ujar Presiden Jokowi lagi.

Meskipun sangat sulit, Presiden Jokowi menegaskan, penyelesaian damai penting untuk terus di kedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Ia mengaku, kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” katanya kemarin.

Ia menyampaikan, posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, ia menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” jelasnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Di samping itu, ia juga menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” katanya.

Sementara itu, Presiden Zelenskyy menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Joko Widodo ke Ukraina. Menurutnya, ini adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” ujar Presiden Zelenskyy. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.