https://madura.times.co.id/
Berita

Buka Rakernas Pemuda Katolik 2022, Menpora RI: Bersiaplah Hadapi Bonus Demografi

Jumat, 27 Mei 2022 - 14:15
Buka Rakernas Pemuda Katolik 2022, Menpora RI: Bersiaplah Hadapi Bonus Demografi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat menyampaikan materinya (FOTO: Dokumen/Kemenpora)

TIMES MADURA, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali ingin eksistensi PP Pemuda Katolik dapat terus dirasakan masyarakat dengan membantu pemerintah menghadapi bonus demografi.  Ia juga berharap para pemuda katolik terus berfikir besar menuju organisasi modern berbasis digital. 

"Saat ini kita sedang menghadapi bonus demografi, ini adalah anugerah yang harus disyukuri tetapi juga harus dikelola dengan baik agar menjadi manfaat bukan menjadi beban negara. Pemuda katolik juga bisa berperan di sini," ujarnya saat membuka Rakernas Pemuda Katolik 2022 secara daring dari Sangrila Hotel Surabaya, Jumat (27/5/2022).

"Seperti bagaimana menghadapi stunting, pekerja migran dan sebagainya. Hal konkret seperti ini yang harus terus dikerjakan agar eksistensi organisasi bisa terasakan oleh masyarakat," tambah Menpora RI pada acara yang bertema 'Akselerasi Organisasi Berbasis Potensi Sumber Daya Kader Menuju Komitmen Reborn and Grow Further' ini.

Menpora RI merasa sangat setuju dengan prinsip pengelolaan organisasi yang saat ini dikembangkan oleh pemuda katolik. Yakni menuju sebuah organisasi modern dan tentu berpegang pada satu komitmen yang selalu disampaikan 'pro eklesia at patria'. 

"Saya sangat setuju pengelolaan organisasi harus terus beradaptasi. Dan terus berpegang pada komitmen dan menjadi prinsip dan dasar utama yang tidak boleh luntur dan dilupakan," tutur Menpora RI.

Menpora RI kembali mengingatkan betapa tantangan kedepan semakin besar, bahwa semua harus berfikir besar agar cita-cita menjadi besar dan apa yang dituju juga menjadi hal yang besar.

"Saya sangat setuju dengan Uskup Keuskupan Manado Rolly Untu bahwa harus terus berfikir besar kedepan. Saya mencontohkan tentang kontingan Indonesia di SEAG Vietnam. Sebagai perbandingannya saat di SEAG Filipina kita kirim 841 atlet dengan raihan peringkat 4," urainya.

"Tetapi kita rubah dengan seleksi ketat dan mengurangi jumlahnya dengan hanya mengirimkan 499 atlet dan alhamdulillah kita menduduki peringkat ke-3," tambah Menpora RI lagi.

Tetapi prestasi itu lanjutnya, bukanlah  tujuan utama pembinaan prestasi olahraga nasional. Pihaknya mengubah tujuan dengan DBON langsung menetapkan olimpiade sebagai target utama.

"SEAG dan Asian Games hanya sebagai sasaran antara saja. Sehingga ini memacu kita menuju apa yang kita fikirkan sehingga mimpi kita nanti saat 100 tahun Indonesia Merdeka atau kira-kira saat Olimpiade 2044 Indonesia bisa berada di peringkat 5 dunia," harap Menpora RI.

Perubahan besar ini juga sudah dicontohkan Ketua Umum PP Pemuda Katolik dengan melaunching website sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan tekhnologi dan memperkokoh soliditas organisasi. 

"Ini contoh konkret yang bagus. Karena memang kita tidak bisa mengihindarkan diri dari transformasi digital. Siapa yang  tidak bisa menyesuaikan dengan kehidupan digital yang sedang terjadi maka akan tertinggal," lanjut Menpora RI.

Di akhir sambitannya, Menpora RI berharap Rakernas PP Pemuda Katolik mampu menghasilkan rumusan strategis dan pilihan berbagai rekomendasi yang membangun. 

"Saya yakin Rakernas PP Pemuda Katolik bisa merumuskan hal strategis untuk agenda aksi kedepan dan saya berharap ada yang bisa dikontribusikan kepada masyarakat luas dan sebagai rekomendasi pemerintah dan bagi kami bisa menjadi pilihan-pilihan dasar untuk pembuatan kebijakan-kebijakan," harapnya.

"Semoga dapat di wujudkan dengan bahasa tidak terlalu rumit, sederhana tetapi mudah dipahami seluruh kader dan juga yang paling penting bisa diimplementasikan. Kepada para peserta ikuti dengan baik dan nikmati keindahan Sulawesi Utara baik alamnya dan toleransi keberagamannya. Tetap semangat menjaga keutuhan NKRI. Selamat rakernas semoga hasilnya baik untuk gereja negara dan bangsa," pungkas Menpora RI. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.