Berita

Pasien Klaster Madura Tak Bawa Baju Ganti, FK Unair Kirim Bantuan

Minggu, 13 Juni 2021 - 22:22
Pasien Klaster Madura Tak Bawa Baju Ganti, FK Unair Kirim Bantuan Bantuan pakaian dari Tim unit Bantuan Bencana Alam FK Unair tiba di RSLI, Minggu (13/6/2021). (Foto: Dok. RSLI)

TIMES MADURA, SURABAYA – Pasien di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) terus mengalir. Hingga Minggu (13/6/2021) tercatat sudah 350 pasien mendapatkan perawatan. Jumlah tersebut terdiri dari 76 dari Pekerja Migran Indonesia (PMI), 179 dari Klaster Madura (kasus Bangkalan dan hasil penyekatan Suramadu), 12 dari pondok pesantren (2 rujuk) serta 83 pasien umum/mandiri.

Kondisi mereka rata-rata dari tanpa gejala hingga gejala ringan dan sedang, serta konfirmasi swab PCR positif dengan nilai CT Value kebanyakan di bawah 25 (infeksius/berpotensi besar menular).

Pasien Klaster Madura 2Relawan pendamping memilah dan menyiapkan paket bantuan, Minggu (13/6/2021). (Foto: Dok. RSLI)

Dengan kondisi pasien sudah lebih dari 300, Penanggungjawab RSLI, Laksma dr Nalendra telah melakukan upaya untuk penambahan tenaga medis maupun bed serta sarana dan prasarana guna memenuhi kelayakan dan kesiapan penangan penyembuhan pasien Covid-19. 

Dari pantauan relawan dalam Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLI yang dikomandani Radian Jadid terdapat beberapa kondisi yang menarik.

Para relawan terus melakukan pendampingan sekaligus pendalaman kondisi pasien yang masuk, terutama dari klaster Madura.

Mereka yang berasal dari hasil penyekatan Suramadu dan beberapa yang berasal dari kasus Bangkalan mengalami beberapa kendala, di antaranya minimnya pakaian dan peralatan sehari-hari, karena tidak menyangka akan masuk RSLI.

Untuk itu relawan pendamping tanggap dan mengupayakan dari berbagai sumber untuk memberikan dukungan logistik berupa pakaian, peralatan mandi, sandal dan kebutuhan untuk menjalani masa isolasi dan penyembuhan di RSLI.

Kondisi tersebut direspon cepat oleh Posko Gabungan FK Unair yang terdiri dari multidisiplin Universitas Airlangga, RSUD Dr. Soetomo, Ikatan Alumni Unair, RSTKA dan beberapa LSM lainnya.

Pasien Klaster Madura 3Pasien sangat senang atas bantuan yang telah diberikan FK Unair, Minggu (13/6/2021). (Foto: Dok. RSLI)

Melalui Tim unit  Bantuan Bencana Alam FK Unair dan perwakilan mahasiswa FK Unair, mereka berkoordinasi dengan RSTKA dan Relawan Pendamping RS Lapangan Indrapura untuk segera bergerak memberikan bantuan.

Upaya ini dipimpin langsung serta mendapatkan arahan dari Prof. Dr. H. Budi Santoso, dr, SpOG(K) selaku Dekan FK Unair.

Kegiatan ini merupakan kepedulian Unair -RSUD dr Soetomo dan RSTKA dalam rangka tanggap darurat untuk menyikapi lonjakan pasien di RS Lapangan Indrapura yang datang dari berbagai daerah dan terutama  terjaring dalam tracing swab penyekatan di suramadu.

"Banyak dari pasien yang tidak membawa baju ganti, dan perbekalan lainnya, sehingga kita menilai bahwa sangat perlu untuk membantu para pasien yang di karantina agar bencana pandemic Covid ini tidak mengarah ke Social Disaster yang tidak diinginkan," terang Dr Agus Hariyanto,Sp.B. selaku direktur RSTKA yang juga motor penggerak kegiatan bantuan sosial, Minggu (13/6/2021).

Dia berharap agar pasien dapat terbantu sehingga dapat mengurangi kegalauan dan keresahaan pasien serta merasa lebih senang. Sehingga, dapat meningkatkan imunitas guna mencegah perburukan kondisi pasien yang bisa menyebabkan lebih susah dalam penanganannya.

Radian Jadid sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Tim Unit  Bantuan Bencana Alam FK Unair, karena sangat membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi pasien.

Sesaat setelah bantuan datang dan diserah terimakan, Relawan pendamping FK Unair langsung bergerak, memilah dan menyiapkan paket bantuan dan segera mendistribusikannya kepada pasien di dalam zona merah. Para pasien sangat senang atas bantuan yang telah diberikan. “Kauleh selaku orengmedureh mator sakalangkong, atas ringpering panjenengan sedejeh. Moga-moga Alloh seng males," ujar para pasien, seperti yang ditirukan oleh Jadid. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.