Berita

CEK FAKTA: Salah, Video Penampakan Burung Garuda yang Sangat Langka

Jumat, 12 Agustus 2022 - 09:32
CEK FAKTA: Salah, Video Penampakan Burung Garuda yang Sangat Langka Video yang diklaim penampakan sebagai burung Garuda yang sangat langka beredar di media sosial.

TIMES MADURA, JAKARTA – Beredar video yang diklaim sebagai penampakan burung Garuda. Video tersebut beredar di berbagai platform media sosial, salah satunya Facebook.

Akun Facebook Zwanggie Laut Papua salah satu yang membagikan video tersebut di Grup KABAR GUMELAR pada 8 Agustus 2022.

Dalam video berdurasi 2 menit 31 detik itu terlihat seeekor burung yang membuak sayap selama beberapa saat hingga akhirnya terbang. Terlihat sejumlah orang mendokumentasikan momen tersebut.

Akun Zwanggie Laut Papua menyertakan narasi dalam video yang dibagikannya sebagai berikut:

Penampakan burung Garuda yang sangat langka. Anda benar2 beruntung bisa melihatnya walau hanya dalam video.

cek-fakta-Burung-Garuda.jpgSumber: https://www.facebook.com/groups/396081334183955/posts/1525896767869067

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, video tersebut bukanlah penampakan burung Garuda, melainkan burung Andean condor. Penelusuran kami dengan mencari pencari Google menemukan penjelasan atas klaim tersebut.

Mengutip Turnbackhoax.id, video tersebut merupakan video seekor burung Andean condor yang baru dikembalikan ke alam liar dari penangkaran di Catamarca, Argentina.

cek-fakta-Burung-Garuda-2.jpgSumber: [SALAH] Video Burung Garuda di Gunung Penanggungan, Jawa Timur | Turnbackhoax

Lebih lanjut, video tersebut diunggah pertama kali oleh akun Facebook dengan Silvana V Andrade (https://www.facebook.com/silvana.v.andrade/) pada 31 Agustus 2018. Silvana diketahui merupakan pendiri ANDA, organisasi pencinta hewan di Argentina.

Dalam postingannya, Silvana menerangkan burung Condor itu dilepaskan setelah diselamatkan dan dirawat oleh tim dokter hewan dan ahli biologi.

cek-fakta-Burung-Garuda-3.jpgSumber: Facebook/Silvana V Andrade

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, video yang diklaim sebagai penampakan burung Garuda yang sangat langka, salah. Faktanya, video tersebut merupakan penampakan burung Andean condor yang baru dikembalikan ke alam liar dari penangkaran di Catamarca, Argentina.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori False Context (Konteks Keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.