Berita

Desa di Kecamatan Arosbaya Bangkalan Ini Bebas Covid-19, Disiplin Prokes Jadi Kunci

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:30
Desa di Kecamatan Arosbaya Bangkalan Ini Bebas Covid-19, Disiplin Prokes Jadi Kunci Mobil operasional PMI menyemprotkan disinfektan di wilayah Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, BANGKALAN – Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, jadi episentrum penyebaran Covid-19. Namun ada satu desa bernama Desa Karang Pao yang hingga saat ini masih terbebas dari penyebaran virus yang telah banyak memakan korban jiwa itu.

"Kuncinya disiplin menerapkan protokol kesehatan dan memaksimalkan kampung tangguh," ungkap Kepala Desa Karang Pao, Agus Supriyanto, Kamis (10/6/2021).

Sejak Desa Karang Pao mendeklarasikan kampung tangguh, kata Agus, pihaknya bersama TNI-Polri intens mensosialisasikan tentang protokol kesehatan hingga penyemprotan disinfektan ke setiap rumah penduduk.

"Termasuk membagikan masker gratis. Dari sini masyarakat paham bahwa penyebaran Covid-19 benar-benar membahayakan," ungkapnya.

Kata Agus, bagi warga Desa Karang Pao yang pulang dari perantauan diwajibkan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Ini menjadi strategi ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah hingga saat ini warga Desa Karang Pao tidak ada yang terpapar Covid-19," ujarnya.

Kendati demikian, sambung Agus, upaya-upaya pencegahan tetap digalakkan. Apalagi, Kecamatan Arosbaya menyandang status zona merah karena kasus penyebarannya dan angka kematian akibat terpapar Covid-19 sangat tinggi.

"Kami selalu berpesan kepada masyarakat agar konsisten memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi atau 5M," jelasnya.

Tokoh Masyarakat Desa Karang Pao, Marsam menambahkan, kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai modal utama menjadi kawasan yang tidak tersentuh kasus penyebaran Covid-19.

"Kesadaran masyarakat saat ini sangat tinggi. Penerapan protokol kesehatan sudah berjalan dengan sendirinya. Bahkan, tanpa disuruhpun masyarakat sering berjemur untuk meningkatkan daya tahan tubuh," paparnya.

Sementara itu, Camat Arosbaya Imam Mahfud belum bisa dihubungi hingga berita ini diterbitkan. TIMES Indonesia mencoba untuk mengkonfirmasi terkait jumlah desa di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan yang belum terpapar Covid-19. Namun tidak berhasil. (*)

 

Pewarta : Doni Heriyanto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.