Ekonomi

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Dorong SDM Lembaga Keuangan Syariah Pahami Sustainable Finance

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:12
Wapres RI KH Ma'ruf Amin Dorong SDM Lembaga Keuangan Syariah Pahami Sustainable Finance Wapres RI Dorong Lembaga Keuangan Syariah Siapkan SDM Paham Prinsip Sustainable. (FOTO: Setwapres).

TIMES MADURA, JAKARTAWapres RI KH Ma'ruf Amin mendorong Lembaga Keuangan Syariah (LKS) untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami prinsip keuangan berkelanjutan atau sustainable finance dan maqashid syariah dalam industrinya.

Demikian pesan Wapres KH Ma'ruf Amin di acara The 5th International Conference on Law and Justice (ICLJ) dengan tema "Sharia, Law and Sustainability in the New Normal" melalui rekaman video yang ditayangkan Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, persiapan SDM tersebut, merupakan upaya mengembangkan kapasitas internal di setiap lembaga dan organisasi keuangan syariah guna mendorong ekonomi berkelanjutan.

"Hal utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan SDM yang memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan dan maqashid syariah," ujarnya.

Pengembangan SDM tersebut juga bertujuan untuk mendorong inovasi dalam berbagai produk dan layanan keuangan berkelanjutan, sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan perbankan kepada nasabah.

"Bank harus meningkatkan kapasitas pegawainya untuk lebih memahami karakteristik dan keunggulan produk, serta layanan keuangan berkelanjutan," tutur Wapres. 

Berbagai program pengembangan SDM tersebut, menurut Wapres, dapat mencakup karyawan yang bekerja di unit tertentu, seperti manajemen risiko, pengembangan bisnis serta layanan pelanggan.

Adapun bagi bank dan lembaga keuangan harus mengutamakan manajemen dan pegawai yang bertanggung jawab terhadap konsep keuangan berkelanjutan di Indonesia.

"Sampai saat ini kondisi SDM pada industri keuangan syariah masih memerlukan peningkatan lebih lanjut untuk memenuhi tuntutan layanan keuangan yang berkelanjutan," jelas Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.