Ekonomi

Enam Proyek Besar yang Diresmikan Presiden RI Jokowi Sepanjang 2021

Kamis, 30 Desember 2021 - 22:34
Enam Proyek Besar yang Diresmikan Presiden RI Jokowi Sepanjang 2021 Peresmian Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo (FOTO: BPMI Setpres/Kris)

TIMES MADURA, JAKARTA – Sepanjang tahun 2021, banyak proyek besar yang diresmikan langsung oleh Presiden RI Jokowi.

Berdasarkan siaran pers di www.presidenri.go.id presiden Jokowi sudah meresmikan beberapa proyek daerah hingga nasional. Proyek-proyek ini diresmikan sejak awal tahun hingga akhir tahun 2021 ini.

Berikut rangkuman proyek besar yang diresmikan oleh Jokowi:

1. Renovasi Masjid Istiqlal

Pada 7 Januari 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan langsung selesainya renovasi masjid Istiqlal. Renovasi ini telah berlansung sejak Mei 2019 dan kini telah selesai. Setelah 42 tahun berdiri, masjid yang menjadi kebanggaan umat telah bersolek menjadi lebih indah.

2. Bandara Toraja

Presiden RI Jokowi 3 Presiden Jokowi meresmikan Bandara Toraja (FOTO: setneg.go.id)

Bandara Toraja atau juga dikenal dengan nama Bandara Buntu Kunik, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis, 18 Maret 2021 silam, Presiden meresmikan bandara yang diharapkan memberi kemudahan bagi masyarakat. Bandara yang dibangun sejak 2014 ini memiliki keunikannya sendiri, tiga bukit dipangkas untuk membuat landasan pacu bandara.

3. Instalasi Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) TPA Benowo

Pada 6 Mei 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Enegi Listik (PSEL) di TPA Benowo, Surabaya, Jawa Timur. Presiden juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Kota Surabaya dalam realisasi fasilitas ini. Harapannya, kota-kota lain juga meniru apa yang telah dilakukan di Surabaya.

4. PON XX Papua

Presiden RI Jokowi 1Presiden Jokowi membuka PON XX di Papua (FOTO: Twitter @jokowi)

Pekan Olahra Nasional (PON) ke 20 resmi dilaksanankan pada 2021 di Papua. Presiden meresmikan langsung pada pembukaan PON XX Papua tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapuran, Sabtu, 2 Oktober 2021. Selain meresmikan pembukaan PON XX Papua, Presiden Joko Widodo juga meresmikan tujuh arena yang digunakan pada PON XX Papua.

5. Sirkuit Mandalika

Jumat, 12 November 2021 Presiden meresmikan Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB. Presiden percaya bahwa dengan peresmian sirkuit ini siap untuk menggelar ajang-ajang kelas dunia. Presiden Joko Widodo juga meresmikan jalan bypass penguhubung Bandara Internasional Lombok dengan KK Mandalika bersamaan dengan peresmian sirkuit. Tidak hanya meresmikan saja, Presiden juga menjajal aspal Sirkuit Mandalika dengan motor pribadinya.

6. Bandara Ngloram

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah sekaligus meresmikan Bandar Udara Ngloram, Kabupaten Blora, pada Jumat, 17 Desmber 2021. Bandara ini diharapkan dapat membantu aktivitas ekonomi Indonesia dan dapat menarik inverstasi ke Kabupaten Blora. Bandara yang dibangun sejak tahun 2018 dan telah selseai pada tahun 2021 mampu melayani 210 ribu penumpang per tahun.

Ada juga beberapa lagi proyek besar berupa pengembangan infrastruktur yang juga diresmikan oleh Presiden RI Jokowi pada 2021. Upaya membangun Indonesia lebih baik lagi tersebut patut diapresiasi. (*)

Pewarta : TIMES Magang 2024
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.