Ekonomi

Mustofa Kacang Merah, Camilan Nikmat dan Bergizi ala Tiga Surya Food Kota Tasikmalaya

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:17
Mustofa Kacang Merah, Camilan Nikmat dan Bergizi ala Tiga Surya Food Kota Tasikmalaya Wali Kota Tasikmlaya HM Yusuf berfoto sambil mengenalkan Produk UMKM Kota Tasikmalaya Tiga Surya Food berupa Mustofa Kacang Merah di Aula Bale Kota Tasikmalaya (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, TASIKMALAYA – Tradisi berburu oleh-oleh khas saat berpergian keluar kota bagi sebagian orang merupakan hal yang wajib dan tidak boleh dilewatkan saat melakukan perjalanan ke suatu daerah. Bagi traveler, membawa oleh-oleh khas suatu daerah menjadi barang yang lumrah untuk buah tangan bagi keluarga, sanak saudara, teman, tetangga atau sekadar untuk kenang-kenangan.

Hebatnya lagi di Indonesia, setiap daerah memiliki produk olahan khas tersendiri. Salah satu camilan oleh-oleh yang ada di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat adalah Mustofa Kacang Merah.

Produk UMKM Kota Tasikmalaya 2Produk UMKM Kota Tasikmalaya Tiga Surya Food berupa Mustofa Kacang Merah siap dipasarkan ke toko dan reseler (FOTO: Jehan Kartika/TIMES Indonesia)

Pelaku UMKM Kota Tasikmalaya pemilik Tiga Surya Food, Jehan Kartika mengungkapkan kepada TIMES Indonesia, usaha kuliner camilan Mustofa Kacang Merah produksinya dirintis sejak 2013.

"Tasikmalaya menjadi salah satu kota di Indonesia dengan kearifan budaya Sundanya mampu hidup berdampingan simbiosis mutualisme antara petani dan pengolah hasil pertanian dengan harmonis," terangnya

Selama lebih dari delapan tahun dirinya  berupaya menghadirkan camilan khas Tasikmalaya bernama Mustofa Kacang Merah yang dikenal dengan tekstur renyah dan gurih.

"Camilan ini terbuat dari kacang merah, kentang yang diolah dengan perpaduan bumbu yang pas, serta cita rasa unik, enak, tekstur renyah dan harga terjangkau," ungkap Jehan Kartika.

Produk UMKM Kota Tasikmalaya 3

Camilan Mustofa Kacang Merah pertama kali dijual belikan lewat forum medsos di Instragram, Facebook, twitter, dan website dengan nama Tiga Surya Food. Nama Mustofa Kacang Merah makin banyak dikenal oleh para penikmat camilan semenjak banyak pembeli dari luar daerah bisa memesan langsung atau dengan mudah dikirim lewat jasa kurir tepercaya.

"Seiring berjalannya waktu, Mustofa Kacang Merah ini terus melakukan inovasi agar tetap dikenal dengan membuat ide-ide dalam membuat varian. Misalnya rasa original, pedas, lado ijo, bawang goreng, kacang bawang merah, kacang bawang putih," ujarnya.

Awalnya bentuk kemasan Mustofa Kacang Merah ini hanya memakai standing pouch biasa tidak memakai kemasan kotak kertas seperti sekarang. Setelah mengikuti beberapa saran dari pelatihan dinas terkait, dilakukan perubahan kemasan.

"Sadar dengan perkembangan zaman, saya melakukan inovasi dengan menjual produk kuliner camilan khas Tasikmalaya ini dengan masuk ke beberapa outlet, reseller dan berusaha tetap di jalur bisnis e-commerce dengan harga terjangkau," tutur Jehan Kartika di rumah produksinya di Perum Tamansari Indah Blok A Jalan Anyelir Nomor 33 Kawalu-Tasikmalaya.

Kabar menariknya, selama promo, produk Tiga Surya Food menjual paket hemat Mustofa Kacang Merah dengan kemasan 200 gr harga Rp25 ribu agar konsumen bisa menikmati kelezatan oleh-oleh khas Tasikmalaya. (*)

Pewarta : Natasya Putri Suparman (MG-363)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.