Ekonomi

Kesulitan Sewa Tempat, Oma Maria Semangat Berjualan Nasi Padang Keliling

Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:20
Kesulitan Sewa Tempat, Oma Maria Semangat Berjualan Nasi Padang Keliling Oma Maria dan karyawan dengan Mobil Padang Keliling yang digunakannya. Senin (5/10/2021). (Foto: Anastasia Athalia/TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, BOGOR – Kreatifvtas usaha menjadi hal yang sangat diperlukan untuk bertahan di kondisi pandemi. Hal ini dibuktikan oleh Maria Goretti, seorang lansia yang memutuskan menjual nasi padang keliling atau dikenal dengan “Pangling” karena kesulitan membayar sewa tempat. 

Tiga tahun pandemi mebuat usaha rumah makan padang Oma Maria terpaksa harus tutup. Juli 2021 lalu, jadi bulan semangat baru bagi Nasi Padang Oma Maria untuk kembali buka. Uniknya nasi padang dijual secara berkeliling menggunakan mobil. 

“Saya udah lama jualan nasi padang tapi selama pandemi buka keliling. Dari pada saya mandek, rumah makan gak buka, saya buka aja keliling,” ungka Maria Goretti. 

Selama satu bulan berjualan dengan rute keliling seputar Cibinong, pada Agustus 2021 Maria Goretti memutuskan untuk menetap di pinggiran Jalan Tegar Beriman, di seberang Cibinong City Mal. Pengunjung pun dapat makan di tempat karena disediakan alas terpal di bawah pohon rindang.

“Pakai mobil supaya gak repot angkat-angkat dan intinya gak perlu sewa tempat,” imbuhnya.

Nasi Padang Keliling 2Beberapa menu yang ada pada Nasi Padang Keliling Oma Maria. (Foto: Anastasia Athalia /TIMES Indonesia)

Keputusannya untuk menetap dilatarbelakangi oleh banyaknya pelanggan di sekitar mal tersebut, mulai dari karyawan mal hingga pengemudi ojek online. 

Menariknya, seluruh makanan yang disajikan di Padang Keliling Oma Maria dibandrol dengan harga serba Rp 10.000 saja. Menu yang tersedia setiap harinya yaitu rendang, gulai ayam, ikan balado, sop buntut, dan lain sebagainya. Dalam sehari Maria mengaku mendapat untung bersih Rp500.000. 

“Dulu pas buka warung sehari bisa untung 3 juta paling sedikit dua jutaan, kalau sekarang menurun banget tapi tetap bersyukur,” beber Maria kepada TIMES Indonesia Selasa (5/10/2021) 

Dengan untung yang tidak terlalu banyak tersebut, Maria turut serta membawa dua karyawan yang semula membantunya di rumah makan untuk ikut berjualan secara keliling.

Karyawan tersebut jadi asisten untuk menjual minuman dan supir. “Saya terima saja omzet yang penting hidup nyambung terus dan bisa bantuin orang, buka lapangan kerja,” terang Maria. 

Nasi Padang Keliling Oma Maria buka pukul 9 pagi dan tutup pulul 6 sore. Menurut pengakuan karyawannya, jam 1 siang nasi padang sudah laris terjual sehingga pada pukul 2-6 sore mereka melakukan sambilan dengan berjualan minuman seperti kopi dan teh. 

Maria turut bersyukur dengan hasil yang diperolehnya. Dia berharap pandemi ini segera berakhir. Baginya, saat ini dia bisa terus menyambung hidup untuk makan dan kebutuhan pokok lainnya. “Rencananya nanti mau pindah mangkal ke terminal Damri deket CCM yang sekarang lagi dibangun,” tutur Maria. 

Nasi Padang Keliling Oma Maria dapat ditemui di seberang Mall Cibinong City didepan Ruko Cibinong City Center. Tepatnya di Jalan Tegar Beriman Cibinong. (*)

Pewarta : TIMES Magang 2021
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.