Ekonomi

Penumpang di Bandara Soekarno Hatta Naik 60 Persen Selama Nataru

Senin, 27 Desember 2021 - 08:04
Penumpang di Bandara Soekarno Hatta Naik 60 Persen Selama Nataru Kesibukan di Bandara Soekarno Hatta. (foto: Dokumen/Antara)

TIMES MADURA, JAKARTA – Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi menuturkan bahwa ada lonjakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta pada periode libur Natal dan tahun baru 2022. 

Jumlah penumpang itu, meningkat hingga mencapai 60 persen dibanding periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa harapan masyarakat terhadap pemilihan ekonomi nasional, semakin besar.

Dia menambahkan, pada periode Nataru tahun lalu, jumlah penumpang yang terbang dan mendarat di Bandara Soetta sekitar 70.000 orang perhari. 

Salah satu faktor yang membuat jumlah penumpang yang terbang melalui Bandara Soetta meningkat adalah harga swab antigen yang menurun drastis dibanding tahun lalu. Selain itu, banyak calon penumpang yang telah divaksin.

"Jumlah penumpang tahun ini melonjak pesat sebesar 60 persen dibanding libur Nataru 2021 lalu dimana sampai saat ini jumlah penumpangnya perharinya bisa mencapai 80.000 hingga 85.000 penumpang," kata Holik di Jakarta, Senin (27/12/2021).

Adapun rute yang disasar oleh para penumpang pesawat udara saat ini lebih banyak menuju tujuan domestik seperti Bali, Kualanamu (Medan), Makassar dan Surabaya.

Dengan jumlah mayoritas penumpang tersebut, bisa diketahui kalau saat liburan hari Natal dan tahun baru 2022 mereka ingin liburan. Dia berharap, masyarakat tetap menjaga kesehatan dan dilengkapi Prokes.

"Kami sendiri sudah berkoordinasi dengan pihak Airnav Indonesia supaya tidak terjadi jadwal penerbangan yang bersamaan. Ini untuk mengantisipasi penumpukan penumpang saat menunggu keberangkatan pesawat. Kami juga sudah membuka Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta untuk rute pesawat domestik untuk mencegah penumpukan penumpang pesawat," ucap M Holik Muardi. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.