Ekonomi

Menteri PUPR RI Minta Peningkatan Jalan Sirip Nias Utara-Gunung Sitoli Kualitasnya Diperhatikan

Jumat, 01 Juli 2022 - 20:58
Menteri PUPR RI Minta Peningkatan Jalan Sirip Nias Utara-Gunung Sitoli Kualitasnya Diperhatikan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau pekerjaan peningkatan struktur Jalan Laehuwa-Ombulata-Tumula-Faekhuna’a di Pulau Nias, Kamis (30/6/2022) (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MADURA, NIAS UTARAMenteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR RI terus memberikan dukungan pembangunan infrastruktur untuk mendorong perekonomian, khususnya sektor pariwisata di Pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara.

Selain pembangunan Jalan Lingkar Nias, Kementerian PUPR RI saat ini juga tengah memulai pekerjaan peningkatan struktur Jalan Laehuwa-Ombulata-Tumula-Faekhuna’a sepanjang 14 km.

Ruas tersebut merupakan jalan yang sirip menghubungkan Lingkar Barat dan Lingkar Timur Nias, tepatnya dari Nias Utara menuju Kota Gunung Sitoli di Pulau Nias.

"Pekerjaan kontraktor tolong diawasi kualitasnya, termasuk oleh Pak Bupati, supaya awet karena di ruas ini jarang truk, seharusnya bisa tahan lama. Proses perkerasannya dikerjakan dengan bagus, sehingga saat di aspal menjadi lebih kuat," kata Menteri Basuki di Nias Utara, Jumat (1/7/2022).

Menteri Basuki juga menekankan pesan kepada konsultan supervisi untuk mengawasi proses konstruksi ruas jalan agar hasilnya berkualitas.

"Pembuangan sisa pekerjaan juga jangan sembarangan, intinya yang kuat dan rapi pekerjaannya," tegasnya.

Jalan-Sirip-Nias-PUPR-2.jpg

Pekerjaan peningkatan struktur Jalan Laehuwa-Ombulata-Tumula-Faekhuna’a sepanjang 14 km di tahun 2022 dilaksanakan dengan anggaran Rp32,36 miliar. Konstruksinya dilaksanakan oleh kontraktor PT Manel Star dan konsultan supervisi PT Arci Pratama Konsultan-PT Irbie Nusa Konsultan, KSO.

Dalam tinjauan tersebut Menteri Basuki juga meminta untuk diprogramkan pekerjaan tambahan pada ruas tersebut hingga tersambung ke Lingkar Barat Nias.

"Pastikan peningkatan jalan berujung ke jalan Lingkar Barat Nias, sehingga jika diperlukan tambahan pekerjaan dari yang ada 14 km, dapat segera didesain dan diprogramkan. Menurut informasi masih ada sekitar 1,5 km lagi yang masih jalan tanah," tuturnya.

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan pembangunan beberapa ruas jalan dan infrastruktur lainnya dari Kementerian PUPR RI. Menurutnya ruas jalan tersebut akan sangat membantu akses warga khususnya di Kecamatan Alasa hingga Afulu di Kabupaten Nias Utara.

Turut hadir dalam tinjauan ke Pulau Nias tersebut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Staf Ahli ​​​​​​​Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara Brawijaya dan Kepala BWS Sumatera II Mohammad Firman. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.