Gaya Hidup

Tips Salam Pengganti Jabat Tangan saat Lebaran di Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 13 Mei 2021 - 04:02
Tips Salam Pengganti Jabat Tangan saat Lebaran di Masa Pandemi Covid-19 Ilustrasi: salam pengganti jabat tangan. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, MAGETANLebaran biasanya diisi dengan kegiatan silaturahmi bersama keluarga dan kerabat. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Indonesia, ada beberapa cara untuk mengganti jabat tangan secara langsung saat silaturahmi.

Menurut Plt Direktur RSUD dr Sayidiman, Drg Ratnawati M.Kes ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk silaturahmi selain berjabat tangan. Seperti salam Namaste dengan mengatupkan kedua tangan di dada dan salam siku.

"Di telapak tangan terdapat banyak bakteri karena paling banyak mendapatkan sentuhan, makannya lebih baik menggunakan salam Namaste, intinya minimalkan sentuhan," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

silaturahmi bDrg. Ratnawati M.Kes. saat ditemui jurnalis TIMES Indonedia. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

Salam siku pun juga dapat digunakan, namun sedikit kurang pas karena beberapa alasan, karena bagi orang yang tidak paham, salam siku bisa dianggap terlalu agresif dan salam siku malah membuat jarak antar orang menjadi lebih dekat.

"Jika yang datang membawa virus Covid-19, akan menjadi masalah," ungkapnya.

Di samping itu, banyak masyarakat yang terpapar Covid-19 itu berasal dari cluster keluarga, hal tersebut disebabkan karena lengah dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) dirumah.

"Jadi sebaiknya begini, kalau lebaran dikunjungi kerabat, disiapkan segala sesuatunya seperti masker, handsanitizer dan alat semprot anti bakteri sehingga jika ada kerabat yang tidak memakai masker dapat diingatkan dan setelah kembali pulang tempat yang dipakai bisa disemprot dengan anti bakteri," katanya terkait jabat tangan saat lebaran. (*)

Pewarta : Aditya Candra
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.