Gaya Hidup

5 Makanan Bagus Untuk Meningkatkan Kinerja Otak, Kamu Wajib Coba!

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:29
5 Makanan Bagus Untuk Meningkatkan Kinerja Otak, Kamu Wajib Coba! Ilustrasi menyediakan makanan sehat. (Foto: Nathan Cowley/Pexels)

TIMES MADURA, JAKARTAOtak merupakan pusat pengendali manusia, baik mengendalikan semua pikiran, gerakan, dan sensasi dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan pada otak.

Makanan yang kita konsumsi dapat berpengaruh pada tubuh kita termasuk pada otak. Untuk meningkatkan fungsi dan meningkatkan kinerja otak kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

Nah, berikut adalah beberapa makanan yang dapat menutrisi otak dengan baik, yuk simak.

- Ikan Berlemak

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 sangat baik untuk menjaga otak kita dari penyakit alzheimer. Kamu bisa mencoba mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Tetapi perlu diingat pilihlah ikan yang memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi, seperti salmon, makarrel, tuna, cod, dan sarden.

- Berry

Buah berry juga sangat baik untuk kesehatan pada otak. Buah berry yang dimaksud adalah buah stroberi dan blueberry. Buah ini mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan daya ingat pada seseorang.

- Alpukat

Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan fungsi otak yaitu buah alpukat. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang dinilai dapat membantu mendukung fungsi pada otak, selain itu alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah.

- Brokoli

Brokoli dapat menungkatkan fungsi pada otak, karena brokoli mengandung senyawa glukosinolat, vitamin C dan flavonoid. Selain itu brokoli juga dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif dan dapat mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas.

- Gandum

Makanan terakhir yang dapat meningkatkan fungsi otak adalah gandum. Selain itu, gandum juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Makanan yang mengandung gandum utuh antara lain, oatmeal, roti gandum, dan sereal gandum. Namun perlu diingat bahwa olahraga rutin juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak, karena pasokan darah maupun oksigen pada otak akan terpenuhi. (*)

Pewarta : Farahilah Maitsa Soraya (MG-350)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.