Gaya Hidup

Solid Shampoo, Wujud Upaya Ringankan Bumi dari Pencemaran Air

Kamis, 14 Oktober 2021 - 05:28
Solid Shampoo, Wujud Upaya Ringankan Bumi dari Pencemaran Air Solid Shampoo adalah Shampoo berbentuk batang yang dapat mengurangi pencemaran air (FOTO: Pinterest)

TIMES MADURA, JAKARTA – Inovasi terus dilakukan produsen agar memproduksi barang yang tidak meninggalkan sampah atau wasted. Salah satunya hadir dari dunia perawatan tubuh berupa Solid Shampoo atau shampoo yang berbentuk batang.

Tidak seperti kebanyakan shampoo yang memiliki tekstur cair, Solid Shampoo memiliki tekstur yang padat mirip seperti sabun batang untuk tubuh pada umumnya.

Solid Shampoo 2

Namun fungsi dan kegunaannya sama seperti shampoo cair pada umumnya. Berbagai kelebihan yang ditawarkan Solid Shampoo bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin zero waste untuk meminimalisir sampah.

Kelebihan Solid Shampoo antara lain :

1. Tidak terlalu makan tempat

Karena tekstur nya yang padat, Solid Shampoo dapat dibawa kemana saja. Banyak produk Solid Shampoo disertakan dengan tempat untuk penyimpanan agar tidak terkontaminasi.

2. Berbentuk Lucu dan Unik

Solid Shampoo memiliki berbagai bentuk dan warna, sehingga dapat memanjakan mata. Di beberapa penjual, bentuk Solid Shampoo juga bisa disesuaikan dengan permintaan pembeli.

3. Banyak Varian

Solid Shampoo memiliki banyak varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Bahkan Solid Shampoo dapat digabung dengan berbagai bahan natural lain seperti beras, biji-bijian, dan buah-buahan. Karena memiliki kandungan yang bagus khususnya untuk rambut.

4. Ramah Lingkungan

Memiliki bentuk yang padat, Solid Shampoo mengandung lebih sedikit deterjen sehingga lebih ramah lingkungan. Busa deterjen yang dihasilkan dari Solid Shampoo juga lebih sedikit dibandingkan sampo cair. Maka dari itu sisa yang telah digunakam tidak terlalu mencemari lingkungan sekitar.

Bahwa limbah air yang tercampur deterjen merupakan limbah air yang paling banyak di buang ke lautan. Limbah ini mayoritas berasal dari aktifitas rumah tangga yang sering melakukan kegiatan mencuci.

Air hasil mencuci kemudian dibuang ke sungai atau saluran air terdekat. Bahan aktif seperti Natrium Dodecyl Benzen Sulfonat (NaDBS) dan Sodium Tripolyphospat (STTP) yang terkandung dalam deterjen merupakan senyawa yang dapat mecemari air. Senyawa ini juga sulit untuk terurai.

Solid Shampoo 3

Limbah air yang tercampur dengan deterjen dapat merusak ekosistem air, terutama laut. Sebagai orang Indonesia, mandi 2x sehari merupakan sebuah kebiasaan yang lazim. Apabila ingin mengurangi aktifitas yang bisa meminimalisir sampah, terutama saat mandi, Solid Shampoo merupakan pilihan yang tepat sebagai pengganti sampo cair.

Meski dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun Solid Shampoo lebih awet dalam pemakaiannya dibandingkan dengan sampoo cair pada umumnya.

Dengan menggunakan Solid Shampoo, kita dapat turut serta dalam mengurangi limbah air yang mengandung deterjen dan menjaga keseimbangan ekosistem laut di saat yang bersamaan. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.