Kopi TIMES

Tak Perlu Panik, Ini Bahan Alami untuk Obati Luka 

Minggu, 01 Desember 2019 - 09:41
Tak Perlu Panik, Ini Bahan Alami untuk Obati Luka  Ilustrasi Luka akibat terjatuh. (FOTO: 99.co)

TIMES MADURA, JAKARTA – Luka akibat terjatuh dari sepeda atau saat berlari kerap dialami oleh anak-anak. Anda tk perlu khawatir, selama penangannya tepat, luka akan cepat mengering. Anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengobati luka.

Namun sebelum menggunakan obat alami tersebut, pastikan luka sudah dibersihkan dengan air bersih yang mengalir. 

Nah apa saja obat alami tersebut? 

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah. 

Caranya belah batang lidah buaya dan gunakan lendirnya pada bagian yang luka, ini akan berefek sejuk pada kulit sehingga tidak menimbulkan rasa perih seperti menggunakan obat penyembuh luka dari bahan kimia, sangat aman untuk digunakan.

2. Madu

Ternyata madu tak hanya untuk dikonsumsi, Anda juga dapat mengoles madu pada bagian yang terluka. Diketahui madu mengandung banyak senyawa antibakteri, di antaranya nitrogen monoksida dan hidrogen peroksida. Nitrogen monoksida bekerja dengan memicu respons kekebalan tubuh, meredakan peradangan, serta menghambat pergerakan bakteri.

Sementara itu, hidrogen peroksida membunuh bakteri di sekitar area luka, merangsang pembelahan sel baru, serta memancing makrofag. Makrofag adalah sel darah putih yang ‘memakan’ bakteri ataupun zat asing lain yang dianggap mengancam tubuh.

3. Telur

Putih telur juga dapat mengobati luka. Bukan dioles, namun dikonsumsi. Telur merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Protein pada telur, terutama di bagian putihnya dapat membantu menyembuhkan luka goresan yang cukup parah.

Dengan mengkonsumsi putih telur, kulit bisa dengan cepat memproduksi jaringan baru di bagian luka yang terbuka, sehingga dapat tertutup kembali dengan jangka waktu yang cukup singkat.

4. Daun Sirih

Daun sirih memiliki anti bakteri yang baik digunakan untuk mengobati luka. Sebelum menempel daun sirih pada area yang luka, Anda panaskan dahulu daun sirih, tak perlu lama-lama, cukup hingga daun sirih layu. Anti bakteri akan bereakso pada daun sirih dipanaskan. 

Yuk gunakan bahan alami untuk mengobati luka.(*)

Pewarta :
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.