Olahraga

Kalah Tipis Lawan Madura United, Pelatih Persela Puji Penampilan Anak Asuhnya

Sabtu, 19 Juni 2021 - 20:32
Kalah Tipis Lawan Madura United, Pelatih Persela Puji Penampilan Anak Asuhnya Pemain muda Persela, Revan Joni Nurianto (Djibril) berusaha menghentikan aksi pemain Madura United, David Laly, dalam laga uji coba di Stadion Surajaya, Sabtu (19/6/2021). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, LAMONGANPersela Lamongan dipaksa menyerah dengan skor tipis 0-1 saat menjamu Madura United dalam laga uji coba, Sabtu (19/6/2021).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Surajaya Lamongan tersebut, sebenarnya Persela memiliki peluang emas untuk mencetak gol di penghujung babak pertama, setelah Nasir dilanggar pemain belakang Madura United di dalam kotak penalti.

Sayangnya eksekusi penalti yang dilakukan Akbar berhasil digagalkan dengan sempurna oleh penjaga gawang Madura United, M. Ridho. Skor kaca mata mengakhiri babak pertama.

Sementara gol kemenangan tim tamu terjadi pada babak kedua, diceploskan oleh striker asing mereka, Rafael Silva memanfaatkan kemelut di depan gawang Persela.

Meski menelan kekalahan dari Madura United, namun Pelatih Persela, Iwan Setiawan mengaku cukup puas dengan penampilan anak asuhnya.

"Kami cukup puas dengan penampilan anak mudanya kita, seperti kalian lihat kita turun dengan pemain-pemain muda. Kita ndak ada Malik, ndak ada Abiyoso, salah satu andalan kita juga ndak ada si Bustomi. Tapi apa yang mereka tampilkan hari ini cukup memberikan harapan untuk kita, insya Allah menambah keyakinan kami tim pelatih bahwa anak-anak muda ini juga bisa," kata Iwan, usai pertandingan.

Iwan menyebut bahwa taktik compact defense yang ia berikan selama latihan berhasil diterapkan dengan baik oleh para pemain, sehingga Madura United kesulitan menciptakan peluang meski begitu mendominasi jalannya pertandingan.

"Alhamdulillah, kita rapi sekali tadi, sampai golnya tadi juga hanya dari set piece corner, tapi dari open play mereka (pemain Persela) cukup disillin dalam menggalang compact defense, walaupun masih ada celah-celah yang perlu kita perbaiki lagi," ujarnya.

Hanya saja menurut Iwan, transisi dari bertahan ke menyerang masih belum berjalan dengan baik. Para pemain Laskar Joko Tingkir terlihat begitu terburu-buru melepas umpan sehingga mudah kehilangan bola.

"Ketika kita memenangkan bola, kalau orang Jawa bilang kesusu (terburu-buru). Padahal kalau lawan udah organisasi bagus, kita harus lebih sabar untuk memainkan possession. Tapi kadang-kadang pemain kita begitu dapat bola, iramanya masih maksain mau cepat-cepat ke depan, akhirnya kita hilang bola lagi," ucap Iwan.

Buruknya pola serangan Persela cukup dimaklumi Iwan, karena program latihan dalam sepekan terakhir masih difokuskan untuk membentuk pola pertahanan.

"Tapi itu (banyak salah umpan) bukan 100 persen hal yang salah, karena pada minggu besok kita latihan organisasi attacking dan transisi. Prioritasnya memang kita selalu kasih gambaran bahwa passing harus passing-passing yang vertikal. Jadi konsekuensi dari banyak passing-passing ke depan itu adalah gagal, tapi kalau sukses besar kemungkinan kita bisa menciptakan gol," ucap Iwan.

Sementara dari kubu tim tamu, Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan mengakui bahwa timnya kesulitan untuk membongkar pertahanan rapat Persela.

"Hari ini di babak pertama kita bermain sangat mendominasi, tapi masih kesulitan ketika menghadapi lawan yang bermain compact defense ya, jadi ini pekerjaan rumah yang harus saya benahi bagaimana melawan compact defense. Di babak kedua tadi di menit-menit awal mulai ada perubahan, tapi tetap belum maksimal, karena saya memang berharap ada yang lebih dari hari ini yang ditampilkan para pemain menghadapi tim yang bermain dengan cara seperti itu (compact defense)," kata Rahmad Darmawan.

Pelatih yang akrab disapa RD itu pun menyebut bahwa pertandingan melawan Persela menjadi pelajaran berharga bagi tim asuhannya, sebelum mengarungi Liga 1 2021.

"Jadi saya juga terima kasih, Lamongan sudah memberikan pelajaran bagus buat kami untuk kami berbenah," ucap RD.

Setelah melawan Madura United, rencananya Persela Lamongan akan kembali menggelar uji coba melawan Persebaya Surabaya pada akhir pekan depan. (*)

 

 

Pewarta : MFA Rohmatillah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.