Pendidikan

Raih Sertifikasi Internasional AUN QA, Apa Sih Keunggulan Prodi Komunikasi UMM?

Minggu, 30 Mei 2021 - 20:26
Raih Sertifikasi Internasional AUN QA, Apa Sih Keunggulan Prodi Komunikasi UMM? Ilustrasi proses belajar mengajar di Prodi Komunikasi UMM (FOTO: Prodi Komunikasi UMM for TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, MALANG – Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (Prodi Komunikasi UMM), M Himawan Sutanto menegaskan bahwa perolehan Sertifikasi Internasional AUN QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) tak lepas dari prestasi dan keunggulan yang dimiliki Prodi Komunikasi UMM.

Menurut Humawan, ada sejumlah keunggulan yang telah dikenal luas oleh kalangan pengguna lulusan dan para alumninya.

Pertama, Prodi Komunikasi UMM terakreditasi A tiga kali berturut-turut sekaligus dan sebagai Prodi Komunikasi terbaik versi Majalah Mix Marketing.

UMM a

"Ditambah dengan prestasi-prestasi yang diukir mahasiswanya baik tingkat nasiona maupun internasional, Komunikasi UMM menjadi kebanggaan universitas dan kampus-kampus Muhammadiyah seluruh Indonesia," ujar Himawan, Minggu (20/5/2021). 

Kedua, memelopori praktikum mahasiswa dengan real client dari kalangan industri maupun dunia bisnis jauh hari sebelum digaungkan konsep Kampus Merdeka. Mahasiswa dituntut untuk mampu memperoleh pengakuan dari stakeholder sungguhan secara langsung melalui praktikum.

“Kalau praktikum film ya harus film sungguhan dan masuk di festival bergengsi. Kalau bikin berita juga harus viral dan memiliki nilai jurnalisme yang tinggi. Kalau jadi konsultan PR ya harus dengan klien sungguhan, memberi solusi atau mengembangkan usaha yang menjadi mitranya,” terang Sekretaris Prodi Komunikasi UMM Widiya Yutanti. Dengan fasilitas lab yang mutakhir dan lengkap, mahasiswa dapat melakukannya dengan baik. 

Salah satu karya kolaboratif dan kreatif mahasiswa Komunikasi UMM adalah Kampung Warna Warni Jodipan yang fenomenal itu. Karya ini menjadi viral lantaran mahasiswa mampu menyulap kampung kumuh menjadi destinasi wisata yang tak hanya bernilai ekonomis tapi juga pelestarian lingkungan dan budaya masyarakat yang berubah drastis menjadi lebih bersih dan tertib.

Ketiga, kreativitas mahasiswa tak hanya diwadahi di praktikum di laboratorium tetapi juga klub-klub peminatan. Ada klub jurnalisme, PR dan sinematografi. Melalui wadah-wadah inilah mahasiswa dibina untuk berkarya dan mengikuti berbagai kompetisi. Tak heran pembinaan ini memperoleh capaian prestasi tingkat nasional maupun internasional.

“Berkat prestasi ini lulusan kami banyak yang direkrut oleh perusahaan atau Lembaga penyelenggara kompetisi,” tambah Widiya.

Keunggulan lainnya, Himawan menambahkan, adalah adanya pilihan tugas akhir yang bervariasi. Sekarang tidak ada alasan telat lulus gara-gara skripsi. Ini karena selain skripsi hasil penelitian, tugas akhir juga bisa dikonversi dari prestasi mahasiswa dan karya kreatif. 

Ada delapan pilihan untuk Tugas Akhir ini yang semuanya dapat dipilih sesuai dengan minat dan kesibukan mahasiswa tingkat akhir.

“Banyak mahasiswa kami yang sudah bekerja di profesi yang strategis sebelum lulus. Mereka dapat membuat riset atau karya kreatif berdasarkan aktivitas pekerjaannya itu untuk diuji,” ungkap Himawan. 

Selain itu, Prodi Komunikasi UMM dibina oleh dosen senior maupun dosen muda yang profesional. Mereka lulusan kampus ternama dalam dan luar negeri. "Selain itu para dosen juga memiliki pengalaman pertukaran dosen di Turki, Polandia, Norwegia dan Amerika Serikat," ucapnya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.