Pendidikan

Segera Cek, Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Ristek Sudah Cair

Senin, 13 September 2021 - 14:16
Segera Cek, Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Ristek Sudah Cair Penerima kuota internet hanya yang sudah tervalidasi oleh Kemendikbud (FOTO: kemendikbud.go.id)

TIMES MADURA, SURABAYA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah resmi menyalurkan kuota internet gratis ke 24,4 juta penerima sejak 11 September 2021.

Mereka yang menerima bantuan kuota gratis adalah siswa, guru, mahasiswa, dan dosen yang nomor ponselnya telah berhasil diverifikasi dan divalidasi.

Bantuan bagi para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen itu akan diproses terhitung mulai sejak 11 hingga 15 September 2021. Anda bisa mengecek apakah sudah mendapatkan bantuan tersebut atau tidak.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan penjelasan mengenai pertanyaan yang kerap muncul terkait kuota Kemendikbud untuk apa saja.

Nadiem mengatakan bahwa kuota data internet ini diperlukan untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi yang berlangsung secara tatap muka terbatas maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Kami mendengarkan masukan dari banyak pihak yang menginginkan bantuan kuota data internet ini dilanjutkan,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Minggu (12/9).

Bantuan kuota internet diberikan guna mendukung kegiatan pembelajaran PJJ kepada siswa dan tenaga pengajar dari berbagai jenjang pendidikan.

Sebagai informasi, bantuan kuota gratis pada 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang dilarang Kominfo.

Bantuan paket kuota data internet tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika situs dan aplikasi lain yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Laman yang tidak bisa diakses menggunakan bantuan kuota Kemendikbud Ristek terdiri atas media sosial, game, dan aplikasi video. Beberapa di antaranya seperti Instagram, Periscope, Snackvideo, Facebook, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, Clash of Clans, Candy Crush, Garena AOV, Garena Free Fire, Tiktok, Viu, Netflix, dan Likee.

Terkait cara daftar kuota Kemendikbud yang juga kerap jadi pertanyaan, Nadiem punya pesan khusus kepada kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi.

Mereka diminta untuk memutakhirkan data nomor ponsel peserta didik dan pendidik pada sistem data pokok pendidikan (Dapodik) dan pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti).

Selain itu, Nadiem juga mengingatkan mereka tidak lupa mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada  portal http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang pendidikan tinggi.

Bantuan kuota internet gratis ini akan disalurkan pada tanggal 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021, "Berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima,” tandas Nadiem. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.