Wisata

Menyelami Wisata Kumkum di Pantai Probolinggo yang Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 14:32
Menyelami Wisata Kumkum di Pantai Probolinggo yang Dipercaya Sembuhkan Penyakit Wisata berendam atau Kumkum di Pantai Probolinggo yang dipercaya sembuhkan penyakit. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, PROBOLINGGOWisata kumkum atau berendam air laut di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Kota Probolinggo kini mulai dipadati pengunjung. Wisata ini dipercaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit termasuk strok dan diabetes.

Perairan di sebelah barat Pelabuhan Perikanan Pantai atau PPP Mayangan, ini menjadi tempat ratusan warga melakukan terapi kesehatan, berendam (kumkum) di laut. Warga selalu berdatangan ketika sore hari atau kala sang matahari mulai mau terbenam.

Tak hanya untuk berendam, para pengunjung juga menunggu keindahan sunset di kala senja tiba. Karenanya, pantai ini akan semakin dipoles dan dipercantik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Ternyata PPP Mayangan ini memiliki aset yang begitu berharga. Ketika berendam atau Kumkum di pantai ini, bisa menyembuhkan penyakit seperti strok, diabetes dan lainnya," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, Diah Wahyu Ernawati, saat meninjau PPP Mayangan, Jumat (1/10/2021).

Ia menyampaikan, banyak pengunjung yang berendam di pantai itu mengaku segar dan seakan sembuh dari penyakit yang dideritanya. Tapi tidak hanya sekali, itu harus dilakukan berulang kali berendamnya.

"Mineral dan zat dalam kandungan air laut ini mampu menyembuhkan penyakit nyeri juga, reumatik, kelumpuhan. Namun, warga atau pengunjung harus tetap menggunakan protokol kesehatan, dan memang kunjungan masih dibatasi selama masa pandemi," kata dia.

Diah berjanji akan mengembangkan tempat wisata Kumkum di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) ini untuk ke depannya. Agar warga masyarakat di Kota Probolinggo dan luar bisa menikmati wisata alam yang lebih menawan. (*)

 

Pewarta : Dicko W
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.