Wisata

Wisata Petik Rambutan Desa Sugihan, Bisa Makan Rambutan Binjai dan Aceh Sepuasnya

Selasa, 18 Januari 2022 - 15:18
Wisata Petik Rambutan Desa Sugihan, Bisa Makan Rambutan Binjai dan Aceh Sepuasnya Pengunjung sedang memetik buah rambutan di kebun rambutan Desa Sugihan, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Selasa (18/1/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, LAMONGAN – Anda penyuka buah rambutan? Jika iya, maka kebun rambutan yang berada di Desa Sugihan, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menjadi tempat yang patut untuk dikunjungi.

Saat ini pohon pohon rambutan di lahan seluas kurang lebih satu hektare milik Menik tersebut Sedang berbuah lebat dan siap untuk memanjakan lidah para penikmatnya.

Menik mengungkapkan bahwa kebun rambutan miliknya itu sudah digeluti sejak lama. Dia menanam pohon-pohon rambutan sekitar 10 tahun lalu.

Namun ide untuk menjadikan kebun rambutan miliknya sebagai lokasi wisata petik buah baru terbersit beberapa tahun lalu, ketika Menik kesulitan untuk memasarkan hasil kebunnya.

rambutan 2

"Awal mula membuka wisata petik buah ini karena saya merasa kesulitan saat harus membawa buah ini ke pasar. Dari sini saya kemudian terbesit keinginan untuk membuat kebun buah rambutan saya ini menjadi agro wisata petik buah rambutan, karena saat ini banyak agrowisata di Lamongan tapi belum ada yang petik buah rambutan," kata Menik, Selasa (18/1/2022).

Biaya masuk ke kebun rambutan milik Menik tersebut tidaklah mahal. Cukup membayar Rp10 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati buah rambutan sampai puas. 

Selain memakan langsung di kebun, pengunjung juga bisa membawa pulang buah rambutan untuk oleh-oleh, dengan harga yang tentunya lebih miring dibanding harga pasaran.

"Di kebun saya ini ada 2 jenis rambutan, yaitu rambutan Binjai dan Aceh," tuturnya.

Namun Menik mengakui bahwa wisata petik buah miliknya itu masih memiliki beberapa kekurangan, di antaranya tidak tersedianya toilet serta papan penunjuk arah menuju kebunnya. 

"Saya berharap agar pemerintah bisa memberi bantuan dalam hal fasilitas bagi pengunjung," ucap Menik.

Meski fasilitas belum lengkap, namun hal itu tak menyurutkan minat pengunjung untuk mendatangi kebun rambutan milik Menik. Salah satunya adalah Azzi, warga Lamongan.

"Saya tertarik datang karena ingin merasakan langsung buah rambutan dari pohonnya," kata Azzi. 

Menurut Azzi, rasa asam manis buah rambutan di kebun milik Menik, tak kalah dengan rambutan dari daerah-daerah yang terkenal sebagai penghasil rambutan. "Uenak... buahnya, segar pol," ucap Azzi.

Kebun rambutan milik Menik yang terletak di Desa Sugihan, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan tersebut sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Pengunjung bisa berteduh di bawah pohon rambutan sembari menikmati buah yang dipetik langsung dari pohonnya. (*)

Pewarta : MFA Rohmatillah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.