Wisata

Kafe Kedai Lowak Malang Suguhkan Konsep Antik

Sabtu, 29 Mei 2021 - 05:53
Kafe Kedai Lowak Malang Suguhkan Konsep Antik Suasana di Kafe Kedai Lowak Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMES MADURA, MALANGKafe Kedai Lowak Malang menyuguhkan konsep antik dengan barang-barang bekas dan aneka menu yang unik berbahan rempah-rempah pilihan. Kedai Lowak ini terletak di Jalan Joyosari, Kecamatan Merjosari, Kota Malang. Kedai tersebut buka mulai pukul 13.00 sampai 22.00 WIB. 

Tercetusnya ide membuat konsep dengan barang bekas tersebut berasal dari dua owner Kedai Lowak yaitu Syahrizal Fahmi Firmansyah dan Heru Shaggydog yang berupaya memanfaatkan dana seadaanya secara total. Selain itu, konsep tersebut muncul karena dua owner tersebut memiliki moto biarlah barang-barang bekas indah dengan caranya masing-masing.

Kafe Kedai Lowak Malang 2

"Selain barang-barang bekas lebih murah, tiap barang tersebut pasti memiliki cerita tersendiri dan biasanya barang-barang bekas itu identik dengan barang-barang tua yang antik. Jadi kita ngejar di situnya sih," ujar Syahrizal Fahmi Firmansyah salah satu owner Kafe Kedai Lowak Malang kepada TIMES Indonesia, Jumat (28/5/2021).

Syahrizal Fahmi menjelaskan, ia mengambil interior Kafe Kedai Lowak dari rumahnya dan owner satunya, selain itu juga beberapa mengambil dari facebook barang-barang yang tidak terpakai, ada juga barang titipan untuk dijual yang di display di sana. Tak hanya itu, ia dan Heru Shaggydog berkeliling jalan-jalan mencari barang-barang bekas.

Kadang ada lemari yang tidak terpakai atau ada kursi bekas yang tidak terpakai, mereka tawar dengan harga murah karena barang-barang tersebut tidak dipakai. Dan bangku di Kedai Lowak sengaja tidak di desain dengan senada pada setiap satu settnya karena para owner ingin memancarkan kesan bagus tapi acak-acakan.

"Keunikan di sini itu, kosep mendaur ulang bukan hanya pada tempat tapi lebih dari itu, ke menu juga kita kemas ulang menu-menu yang sudah umum," imbuhnya.

Kafe Kedai Lowak Malang 3

Ia menjelaskan, menu yang laris di Kedai Lowak ada susu rempah, es kopi rempah, dan juga es lowak. Rempah-rempah yang ia sajikan ada jahe, sechang, adas, kayu manis, cengkeh, cuka, kapulaga, jahe, dan labu yang ia olah untuk dijadikan sirup sebagai bahan untuk susu rempah dan es lowak. Untuk kopi lowak ia sajikan menggunakan kayu manis, garam, madu, sirup, dan soda.

"Persiapannya dibukanya sejak tahun 2016 dan awal buka tahun 19 September 2019. Kita buka sampai pukul 22.00 tapi apabila customer masih ingin duduk di sini, kita tidak menghalangi hanya meminta customer untuk mematikan lampu karena para karyawan sudah waktunya pulang," jelasnya.

Uniknya lagi, Kafe Kedai Lowak tidak pernah ditutup selalu welcome karena para owner menanamkan prinsip apabila percaya dengan customer, maka customer akan percaya dengan mereka. Intinya saling percaya satu sama lain. Dan belum ada label identitas yang bertuliskan Kedai Lowak di sana karena para owner belum menemukan ide dan inspirasi dengan apa penamaan kedainya yang bisa sesuai dengan konsepnya.

"Ajaibnya disitu, tanpa tertera identitas kafe, pelanggan selalu ada saja yang melipir di sini bahkan instagram juga kita kemas seadanya saja tapi responnya orang unik dan nyaman di sini, jadi kita masih bisa survive sampai dua tahun ini," pungkas Syahrizal Fahmi Firmansyah salah satu owner Kafe Kedai Lowak Malang.(*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Madura just now

Welcome to TIMES Madura

TIMES Madura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.